Mengatasi Hipertensi dengan belimbing wuluh

Hipertensi atau tekanan darah tunggi  terjadi  karena tekanan darah yang berlebihan terhadap dinding arteri .Jika kondisi ini berlangsung  terus –menerus  mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah dan kekurangan aliran darah ke organ ,kondisi  demikian mengakibatkan kerusakan jaringan  jantung, ginja, otak dan mata. Seseorang di nyatakan menderita hipertensi jika nilai tekanan darah sistoliknya diatas 140 mm Hg dan diastoliknya 90 mm Hg. Gejala hipertensi jarang diketahui, pada umumnya seseorang baru mengetahui menderita hipertensi setelah diukur tekanan darahnya, namun ada gejala dasar yang dapat dijadikan parameter untuk mengetahui apakah seseorang menderita hipertensi , yakni sakit kepala ,pusing ,perasaan berputar seperti ingin jatuh , jantung berdebar , rasa pegal pada bagian tengkuk, nyeri pada dada dan bahu kiri ,serta telinga yang berdengung, sebagai pencegahan  dapat dilakukan dengan membatasi mengkonsumsi garam dan makanan yang diasinkan, menghindari daging kambing, buah durian, minuman beralkhohol, kopi, rokok, dan makanan berlemak lainnya, menurunkan berat badan jika berlebihan, mengikuti pola hidup yang lebih santai.

Dari hasil beberapa penelitian  menunjukan pengaruh  buah belimbing wuluh  sebagai obat hipertensi. Tanaman obat yang dapat mengobati hipertensi secara  efektive  paling tidak harus mempunyai  sifat–sifat  berikut ; diuretic, antiadrenergik, dan vasodilator. Diuretik agar jumlah air dalam plasma darah berkurang,  antiadrenergik   untuk menurunkan  produksi ,sekresi ,dan aktivitas hormone adrenalin. Sedangkan vasodilator untuk memperlancar aliran darah ke organ sehingga supply darah ke masing –masing  organ maksimal. Buah belimbing wuluh paling tidak memenuhi syarat diuretic, menghilangkan rasa sakit (analgesik ), memperbanyak pengeluaran empedu, antiradang, selain itu kandungan kalium sitrat dalam buahnya merangsang  pengeluaran cairan dalam tubuh yang tadinya diikat oleh garam. Cara membuat  ramuan dari buah belimbing wuluh untuk mengatasi hipertensi  adalah ;

Cuci bersih 3 buah belimbing wuluh ,dipotong –potong , lalu di rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, dinginkan lalu disaring, dan minum setiap pagi setelah makan .

One comment on “Mengatasi Hipertensi dengan belimbing wuluh

  1. pipit mengatakan:

    diminum hingga berapa hari ?? apakah boleh konsumsi ramuan tersebut boleh diteruskan walaupun tekanan darah sudah normal??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s