Daun salam dan asam Urat

Salah satu penyakit yang sangat umum di derita masyarakat paruh baya di Indonesia adalah asam urat. Penyakit ini berhubungan dengan tingginya kadar asam urat dalam darah, hal ini terjadi karena timbunan Kristal asam urat yang mengendap dalam persendian.Penyebab asam urat adalah adanya gangguan metabolism sehingga kadar timbunan Kristal asam urat dalam darah dan persendian meningkat , peningkatan tersebut dapat disebabkan ginjal yang mengalami gangguan membuang asam urat dalam jumlah banyak ,juga disebabkan tingginya asupan purin dalam makanan yang dikonsumsi, semakin tinggi asupan purin ,maka semakin tinggi pula asam urat didalam tubuh.

Untuk mencegah terjadinya asam urat  dapat dilakukan dengan menghindari  mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi seperti melinjo , kacang –kacangan yang dikeringkan  ,jeroan  hewan , makanan yang diawetkan ,minuman beralkohol , dan tape. Memperbanyak minum air putih untuk mengeluarkan asam urat melalui urin , dan memperbanyak makan buah yang kandungan airnya tinggi , seperti mentimun ,semangka , jeruk ,dan buah lainnya.

Bagi yang sudah terlanjur terkena asam urat untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan menggunakan ramuan alami yang terbuat dari daun salam ,daun salam mengandung senyawa Saponin ,triterpen , flavonoid , tannin, polifenol dan alkaloid .Selain bersifat anti kolesterol  daun salam juga  berkhasiat anti hipertensi.Berdasarkan hasil penelitian laboratorium  diduga senyawa yang berperan dalam  mengembalikan  tekanan darah kembali normal adalah Flavonoid ,selain menjaga kadar kolesterol dalam batas ambang yang masih dapat ditoleransi  ,juga berkhasiat  menjaga kadar gula darah . Ramuan sederhana dari seduhan daun salam dan  sereh dapat menjadi  pilihan mengingat merupakan jenis tanaman alami yang dengan mudah kita  dapatkan disekitar lingkungan kita. Selamat Mencoba .

2 comments on “Daun salam dan asam Urat

  1. farid mengatakan:

    pak tjok, saya selalu menonton acara NL d transtv, karena tertarik dengan ramuan herbal dan sajian dari pak tjok sangat menarik untuk diikuti.
    akhir-akhir ini saya merasa lutut saya nyeri dan sakit jika di gerakkan tetapi saya belum periksa ke dokter, saya berasumsi kemungkinan asam urat, selama 3 hari terakhir ini saya selalu mengikuti anjuran pak tjok untuk meminum air hasil dari seduhan daun salam & sereh.
    efektifnya di minum sampai berapa hari…?
    umur saya 36 tahun

    • tjokgde mengatakan:

      Pak Farid, terima kasih atas pertanyaan ini. Untuk mengetahui lebih akurat apakah masalah yang Anda alami ini memang benar asam urat atau tidak saya anjurkan cek lab untuk asam urat sekalian kolesterol. Jika tidak ditemukan asam urat berlebihan, berarti kemungkinan besar masalah yang Anda alami ini osteoarthritis, atau peradangan pada persendian lutut. Ramuan daun salam bisa diminum tiap hari selama 2 minggu. Jika gejala membaik, dan badan terasa sehat, boleh diteruskan sehari sekali selama 1 bulan.
      Salam sehat,
      Tjok Gde

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s