Sekilas tentang Pegagan

Image

Tentang pegagan

Tanaman pegagan atau dalam bahasa latin disebut Cantella Asiatica , merupakan salah satu tanaman yang  kaya akan  khasiat untuk mencegah dan mengobati beberapa jenis penyakit .Tanaman yang aslinya   berasal dari Asia tropis ini biasanya tumbuh subur ditempat lembab dan cukup mendapat sinar matahari. Masyarakat India dan malaysia  memanfaatkan daun pegagan sebagai  sayuran ( lalap ) , disamping itu pegagan sebenarnya banyak mengandung senyawa seperti  Asiaticoside  yang  berkhasiat  anti lepra , senyawa thankuniside ,Isothankuniside ,Madecassoside , Brahmoside ,Brahmic Acid ,Madasiatic acid  , Meso Inositol , Cantellose ,Carotenoids , garam –garam mineral seperti kalium ,Natrium ,Magnesium , Kalaium ,Besi ,Vellarine  dan Zat samak .Secara umum senyawa –senyawa tersebut memiliki khasiat sebagai anti infeksi ,anti toxic ,penurun panas , serta peluruh kencing .Di Malaysia pegagan dijadikan sebagai bahan baku di industry kecantikan ,dijadikan krim sesulit , krim anti kerut ,serta pengencang muka dan mata, sementara di India dan kepulauan Madagaskar pegagan dijadikan obat Lepra.Pegagan juga kaya akan antioksidan , unsur   utama dalam melawan radikal bebas ,saat paparan radikal bebas akibat  polusi kendaraan ,industry dan asap rokok  makin gencar  ,serta gaya hidup dan asupan yang banyak mengandung bahan pengawet makanan , tubuh kita perlu mendapat asupan yang mengandung antioksidan alami , kandungan karetenoid dan asiatikosida  dalam pegagan , selain mengatasi radikal bebas , juga merangsang  produksi enzim antioksidan alami dalam tubuh.Senyawa asiatikosida  juga mampu meningkatkan  daya ingat , konsentrasi  dan kewaspadaan . Menurut seorang periset di Balai penelitian Tanaman Obata dan Aromatik ,Dr Nurliani Bermawie  menyebutkan bahwa sifat asiatikosida dalam pegagan juga membantu kelancaran  sirkulasi oksigen dan nutrisi dalam otak serta melindungi kerusakan sel –sel otak,  juga terbukti menetralisir oksidan –oksidan dipermukaan , kulit proses regenerasi kulit pada luka lebih cepat , pegagan memacu proliferasi sel fibroblast .Unsur fibroblast adalah unsur  utama yang berperan signifikan dalam penyembuhan luka karena kemampuannya dalam memproduksi substansi dasar pembentuk serat kolagen yaitu serat yang mempertautkan tepi luka. Sebagai obat lepra senyawa asiatikosida pada  pegagan bekerja  dengan cara melemahkan baksil lepra  Microbacterium Leprae  dengan mengikis bagian berlilin dingding luarnya , hasilnya  baksil tersebut dengan mudah ditumpas oleh immune tubuh ,ataupun obat lainnya. Berikut ini beberapa ramuan  sederhana yang dapat dibuat dengan bahan dasar pegagan :

  • Mata merah /Bengkak ; Daun pegagan segar dicuci ,dilumatkan  ,diperas , airnya disaring , kemudian diteteskan 3 -4 kali sehari .
  • Wasir ; 4 -5 batang pegagan berikut akarnya direbus dengan 2 gelas air selama kurang lebih 5 menit kemudian airnya diminum secara rutin .
  • Demam ;Segenggam daun pegagan segar ditumbuk kemudian ditambah air dan garam secukupnya , disaring lalu diminum pagi –pagi sebelum makan .
  • Penambah nafsu makan ; segenggam pegagan segar direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas ,minum secara rutin sekali sehari .
  • Teh daun pegagan segar  berkhasiat ; menyegarkan badan , menenangkan ,menurunkan panas , mengatasi batuk kering ,mengeluarkan cacing diperut ,dan mimisan.
  • Lalapan pegagan berkhasiat ;membersihkan darah , terutama pada bisul      dan membantu memperbaiki  gangguan pencernaan .

Demikianlah beberapa manfaat dari  tanaman alamai pegagan  yang dibeberapa daerah diIndonesia  disebut dengan nama daerah yang berbeda –beda , diantaranya Pegaga (Ujungpandang ) ,Antanan gede , Antanan Rambat ( Sunda )  Dau Tungke ( Bugis ) , Pegagan ,gagan –gagan , Rendeng , Kerok batok ( Jawa ) Kos ,tekosan ( Madura ) ,Kori –Kori (Halmahera ).  Salam sehat  Alami ….

One comment on “Sekilas tentang Pegagan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s